Kucing Mencret/Diare Karena Makan Nasi, Sayuran, Tumbuhan

Kucing Mencret/Diare Karena Makan Nasi, Sayuran, Tumbuhan

Nasi adalah makanan pokok yang dikonsumsi orang Indonesia. Nasi mengandung karbohidrat yang berfungsi sebagai sumber energi. Namun, apakah nasi bagus untuk dimakan oleh kucing ?

Dialam liar, kucing tidak memakan karbohidrat. Kucing memakan protein dan lemak dari hasil buruannya. Namun, kucing boleh saja makan nasi sebagai sumber karbohidrat.asalkan jangan memberikan nasi terlalu banyak melebihi jumlah protein yang diberikan untuk menghindari timbulnya masalah pencernaan pada kucing.

banyak orang yang memberi makan kucing dengan makanan yang mengandung karbohidrat yang lebih banyak dari pada proteinnya, ini adalah tindakan yang salah.

Alasan Kucing tidak baik untuk makan nasi (karbohidrat)

Apakah nasi bagus buat dimakan kucing ?

Alasan kucing tidak terlalu baik untuk memakan karbohidrat adalah karena Kucing adalah hewan karnivora yang berarti kucing lebih dominan untuk memakan daging (protein).

You May Also Like :   Kucing Muntah Berwarna Hijau. Penyebab, Pengobatan, Penyakit

Kucing hanya punya sedikit enzim pencernaan terhadap karbohidrat. Mayoritas energi yang diperoleh kucing berasal dari asam amino yang merupakan produk akhir dari pencernaan protein.

Kenapa kucing makan tumbuhan, sayuran bukan daging

walaupun hewan karnovira yang dominan memakan daging, beberapa kucing juga menyukai sayuran seperti jagung rebus. berikut ini adalah beberapa alasan kenapa kucing makan tumbuhan

Untuk memenuhi kebutuhan nutrisi

Alasan kucing memakan tumbuhan (makanan nabati non daging) seperti nasi, jagung, brokoli, rumput bisa dikarenakan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi seperti mineral, vitamin dll.

Membersihkan pencernaannya

Alasa kenapa kucing juga memakan rumput adalah untuk membersihkan pencernaannya. Tumbuhan seperti rumput tidak bisa dicerna oleh kucing, sehingga kucing memakan rumput untuk memuntahkan rumput dan benda lain di pencernaan seperti bulu (hairball), tulang, dsb.

You May Also Like :   Kenapa Kucing Spraying, Cara Menghilangkan Bau dan membersihkannya

Stimulan

catnip. gambar : wikipedia

Khusus untuk tumbuhan catnip, kucing memakannya karena catnip mengandung bahan yang bersifat stimulan bagi kucing. Efek dari catnip bagi kucing diduga sepert marijuana bagi manusia. Nepeta cataria, umumnya dikenal sebagai catnip, catswort, atau catmint memberikan efek senang buah kucing

Karena terbiasa

Kucing dapat beradaptasi. Kucing mau diberikan sayur, nasi, makanan yang non daging lainnya walaupun kucing tidak mampu mencerna makanan tersebut secara sempurna.

Pemilik kucing tidak perlu khawatir apabila kucingnya terkadang memakan tumbuhan selama tumbuhan tersebut tidak beracun. Walaupun demikian, memakan terlalu banyak tumbuhan dapat menyebabkan sakit perut dan diare bagi kucing.

Akibat jika kucing makan nasi / karbohidrat berlebihan

sama seperti manusia, mengkonsumsi karbohidrat yang berlebihan juga tidak baik buat kucing dan bisa berbahaya. Beberapa masalah penyakit dan gangguan kesehatan bisa terjadi jika kucing mengkonsumsi karbohidrat yang berlebihan. Masalah yang bisa muncul karena kelebih karbohidrat diantaranya adalah sebagai berikut

  • Obesitas (kegemukan)
  • Gangguan pencernaan ( kembung, diare)
  • Malnutrisi – kekurangan protein
  • Diabetes Melitus
  • Intoleransi Laktosa
You May Also Like :   Kucing Kucing Selebgram Yang Terkenal Di Instagram

sebagai pemilik kucing, memberikan makanan terbaik untuk kucing adalah sebuah keharusan agar kucing tetap sehat dan riang

referensi

https://id.quora.com/Kucing-adalah-karnivora-namun-mengapa-terkadang-mereka-bisa-makan-rumput-buah-bahkan-sayur-dan-biskuit
https://www.rajapetshop.com/en/news/KARBOHIDRAT-DALAM-PAKAN-KUCING https://id.wikipedia.org/wiki/Karbohidrat

Leave a Comment